Cara Mudah Menghitung Bunga Deposito Bank BCA

Cara Mudah Menghitung Bunga Deposito Bank BCA

Deposito adalah salah satu cara untuk menabung dan mendapatkan keuntungan berupa bunga bank yang memiliki resiko yang rendah, alias aman. Yap aman lah, namanya juga menabung. Bedanya dengan tahapan BCA, deposito berjangka yang merupakan salah satu produk unggulan BCA ini memiliki bunga yang lebih tinggi. Untuk sekarang, Januari 2018, bunga deposito BCA ada di angka 4.25%. Memang bukan angka yang cukup besar. Banyak bank lain yang menawarkan suku bunga deposito yang lebih tinggi.


Cara Mudah Menghitung Bunga Deposito Bank BCA

Balik lagi ke topik pembahasan, gimana sih cara mudah menghitung bunga deposito Bank BCA. Sebenarnya rumus sederhana ini bisa kamu terapkan di semua bank yang menawarkan produk deposito, hanya tinggal disesuaikan saja suku bunganya. Rumus untuk cara mudah menghitung bunga deposito Bank BCA adalah sebagai berikut:
Bunga deposito = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x Tenor : 12
Contoh:
Jika kamu punya uang Rp. 8.000.000 untuk didepositokan pada Bank BCA dengan bunga saat ini 4.25% maka hasilnya adalah sebagai berikut:
Bunga deposito = Rp. 8.000.000 x 4.25% x 3 bulan : 12 =  Rp. 85.000
Jadi dalam 3 bulan, kamu akan mendapatkan bunga sebesar Rp. 85.000. Perlu diketahui, minimal penempatan dana deposito di Bank BCA adalah sebesar Rp. 8.000.000. Selanjutnya kamu sudah bisa hitung sendiri berapa bunga yang bisa kamu dapatkan bila kamu menaruh uangmu di deposito dengan bunga yang lumayan dan resiko yang sangat rendah.

Sebagai tambahan, di Bank BCA kamu bisa memilih beberapa tipe deposito berjangka, sebagai berikut:
  • Non-Automatic Roll Over (Non-ARO), Deposito berjangka yang berakhir pada akhir jangka waktu yang diperjanjikan.
  • Automatic Roll Over (ARO), perpanjangan Deposito secara otomatis untuk jangka waktu yang sama tanpa pemberitahuan atau penegasan lebih lanjut dari deposan
  • Automatic Roll Over Plus (ARO Plus), Deposito berjangka yang secara otomatis diperpanjang untuk jangka waktu yang sama tanpa pemberitahuan atau penegasan lebih lanjut dari deposan dan bunganya akan menambah nominal pada setiap kali perpanjangan.
Jadi kalau kamu mau bunga dalam tabungan deposito kamu bergulung (atau dengan kata lain bunga yang berbunga) maka kamu bisa pilih tipe deposito ARO Plus. Demikian cara mudah menghitung bunga deposito Bank BCA, semoga artikel ini bermanfaat :)
Share on Google Plus

About merry

Hai saya Merry Olivia, ini adalah blog pribadi saya yang berisi tentang review produk, dari mulai makanan, kosmetik dan lain-lain. Di blog ini juga ada tips-tips dan sharing pengalaman pribadi saya. Semoga artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Kalau ada pertanyaan bisa langsung comment di kolom yang sudah disediakan. Thank you for reading :)

6 komentar :

  1. Untuk simulasi perhitungan bunga deposito dengan cepat dan akurat silahkan coba di sini: http://www.simulasiku.com/

    BalasHapus
  2. ternyata cara menghitung bunga deposito mudah juga ya, bisa di coba nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain nabungnya kak, jangan ngitungnya doang. hehehe.

      Hapus
  3. Kalo nabung deposito ituh, berbulan nyah bisa d isi ngga ya minimal 500rb perbulan
    Dan kalo nanti bunga nya ngga d ambil, ntr angus ngga.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau nabungnya perbulan mending ambil tabungan berjangka aja kak. bunganya ga bakal hangus kak, serem amat sampe hangus :)

      Hapus