Tahun ini Cioko (Festival Hantu Kelaparan) Jatuh Pada 17 Agustus!

Tahun ini Cioko (Festival Hantu Kelaparan) Jatuh Pada 17 Agustus! Cioko atau Festival Hantu Kelaparan adalah salah satu tradisi masyarakat tiongkok. Tradisi ini juga berlaku bagi warga keturunan tionghoa di Indonesia. Tradisi ini diperingati setiap tanggal 15 bulan 7 imlek, Nah kebetulan sekali tahun ini jatuh pada tanggal 17 Agustus 2016. Yap jadi berbarengan dengan hari kemerdekaan negara kita tercinta ini.


Menurut para tetua, bulan ke-7 Imlek juga dikenal sebagai "Bulan Hantu" atau bisa disebut "Chinese ghost month" di mana dalam kurun waktu satu bulan ini, pintu alam baka terbuka dan hantu-hantu di dalamnya dapat bersuka ria mengunjungi alam manusia. Oleh karena itu pada pertengahan bulan 7 inilah diadakan perayaan dan sembahyang sebagai penghormatan kepada hantu-hantu tersebut.


Tradisi ini selalu diperingati turun menurun dari jaman dahulu yang bermula dari penghormatan kepada leluhur serta dewa-dewa supaya panen yang biasanya jatuh di musim gugur dapat terberkati dan berlimpah. Adanya pengaruh Buddhisme memunculkan kepercayaan mengenai hantu-hantu kelaparan (makhluk Preta atau hantu kelaparan) yang perlu dijamu pada masa kehadiran mereka di dunia manusia.

Di dalam Buddhisme, tradisi ini disebut sebagai Ulambana yang juga dirayakan dan eksis dalam kebudayaan Jepang,Vietnam dan Korea. Namun, Ulambana tidak dapat diartikan langsung sebagai Festival Hantu dan sebaliknya juga. Terlepas dari semua mitologi religius di atas, hikmah dari perayaan ini sebenarnya adalah penghormatan kepada leluhur dan penjamuan fakir miskin. Pada hari itu diadakan pembacaan parita dan pesembahan untuk roh-roh gentayangan yang tidak berkeluarga atau yang ditelantarkan oleh keluarganya. Sebab itu, perayaan ini secara umum dikenal dengan namaSembahyang Rebutan (Cioko). Setelah perayaan selesai, barang-barang persembahan (makanan yang dipersembahkan) diberikan kepada fakir miskin.

Nah itu dia artikel singkat mengenai Tahun ini Cioko (Festival Hantu Kelaparan) Jatuh Pada 17 Agustus! Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Thank you for reading :)

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Cioko
Share on Google Plus

About merry

Hai saya Merry Olivia, ini adalah blog pribadi saya yang berisi tentang review produk, dari mulai makanan, kosmetik dan lain-lain. Di blog ini juga ada tips-tips dan sharing pengalaman pribadi saya. Semoga artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Kalau ada pertanyaan bisa langsung comment di kolom yang sudah disediakan. Thank you for reading :)

0 komentar :

Posting Komentar