Ada Apa dengan 5 Juni? Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Ada Apa dengan 5 Juni? Hari Lingkungan Hidup Sedunia. 5 Juni ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia dalam sidangan umum PBB tahun 1972 yang bertujuan untuk menandai dibukanya Konferensi Lingkungan Hidup di Stockholm. Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni untuk meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif. Hari Lingkungan Hidup se-Dunia merupakan instrumen penting yang digunakan PBB untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan dan mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia. Sebagai milik seluruh masyarakat, hari peringatan ini memberi kesempatan kepada semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan serta gaya hidup yang ramah lingkungan.


Dalam Konferensi PBB tersebut disepakati beberapa hal yaitu :

  1. Deklarasi Stockholm, dimana dalam deklarasi tersebut berisi prinsip-prinsip yang harus digunakan dalam mengelola lingkungan hidup di masa depan melalui penerapan hukum lingkungan internasional
  2. Rencana Aksi, yang mencakup perencanaan dalam hal pemukiman, pengelolaan sumberdaya alam, pengendalian pencemaran lingkungan, pendidikan serta informasi mengenai lingkungan hidup.
  3. Segi Kelembagaan, dibentuknya United Nations Environment Program (UNEP) atau Badan Lingkungan Hidup Dunia yaitu badan PBB yang menangani program lingkungan dan berpusat di Nairobi, Kenya, Afrika.

Sejak Konferensi PBB tahun 1972 sampai tahun 1982 lingkungan hidup menjadi sektor tersendiri dimana tidak dilibatkan pembangunan ekonomi didalamnya, sehingga antara pembangunan ekonomi dan lingkungan hidup tidak berjalan secara sinergi, hingga saat Konferensi UNEP pada tahun 1982 dibuat kesepakatan dibentuknya World Commission on Environment and Development (WCED) yaitu Komisi Dunia untuk Lingkungan dan Pembangunan yang dipimpin oleh Gro Harlem Brundtland, saat itu ia menjabat sebagai Perdana Menteri Norwegia.

Gro Harlem Brundtland dan komisi yang dipimpinnya melakukan kajian tentang hubungan antara lingkungan dan pembangunan sejak tahun 1984 hingga 1987. Komisi ini kemudian memberikan usulan perubahan pola pembangunan, dari pembangunan konvensional yang dilakukan melalui jalur ekonomi saja menjadi pembangunan berkelanjutan yang dilakukan melalui jalur ekonomi, sosial, dan lingkungan. Dan hal ini dilakukan serentak oleh negara-negara anggota PBB di seluruh dunia, dan seterusnya secara signifikan dari tahun ke tahun pembangunan berwawasan lingkungan hidup terus digalakkan hingga saat ini.

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni 2016!
Share on Google Plus

About merry

Hai saya Merry Olivia, ini adalah blog pribadi saya yang berisi tentang review produk, dari mulai makanan, kosmetik dan lain-lain. Di blog ini juga ada tips-tips dan sharing pengalaman pribadi saya. Semoga artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Kalau ada pertanyaan bisa langsung comment di kolom yang sudah disediakan. Thank you for reading :)

0 komentar :

Posting Komentar