Ada Apa dengan 1 Juni?

Ada Apa dengan 1 Juni? Beberapa media sempat heboh dengan keputusan presiden tentang libur 1 Juni 2016. Seperti yang kita tau atau mungkin malah baru-baru ini tau kalau 1 Juni adalah hari lahir pancasila, tetapi sebenarnya bukan hanya itu berikut adalah hari-hari penting di tanggal 1 Juni untuk Indonesia:

1 Juni: Hari Lahir Pancasila

Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila, karena pada tanggal 1 Juni kata “Pancasila” pertama kalinya di ucapkan oleh Bung Karno yang kala itu belum manjadi Presiden RI, Bung karno mengucapkan kata “Pancasila” pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), tanggal 1 Juni 1945.

1 Juni: Hari Perlindungan Anak-anak Sedunia

Hari Anak merupakan acara penting yang peringatannya memiliki tanggal yang berbeda-beda di setiap negara. Perayaan sekaligus hari besar ini bertujuan untuk menghormati hak-hak bagi seluruh anak di dunia.

Tanggal 1 Juni dipilih atas kesepakatan dalam Konferensi Dunia untuk kesejahteraan anak di Jenewa Swiss pada tahun 1925. Hal tersebut juga disepakati oleh Federasi Demokrasi Wanita di Moskow pada 1949. 

Dalam federasi tersebut terdapat 51 negara yang menyepakati tanggal 1 Juni sebagai hari Perlindungan anak International.

1 Juni: Hari Susu Nusantara

Tanggal 1 Juni sebagai Hari Susu Nusantara ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pertanian No. 2182/KPTS/PD.420/5/2009 dan telah dicanangkan pada tahun 2009 di Pasuruan, Jawa Timur. Pencanangan ini antara lain diinspirasi oleh kegiatan serupa yang diprakarsai oleh FAO (Food and Agriculture Organization) pada tahun 2000.

Kemudian setiap tahunnya peringatan Hari Susu Nusantara dipusatkan di berbagai kota berbeda di nusantara. Banyak kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Susu Nusantara. Di antaranya adalah workshop dan seminar.

Jadi itulah ketiga hari penting di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Selamat hari lahir pancasila, selamat hari perlindungan anak-anak sedunia dan selamat hari susu nusantara. Semoga Indonesia bisa lebih baik lagi :)
Share on Google Plus

About merry

Hai saya Merry Olivia, ini adalah blog pribadi saya yang berisi tentang review produk, dari mulai makanan, kosmetik dan lain-lain. Di blog ini juga ada tips-tips dan sharing pengalaman pribadi saya. Semoga artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Kalau ada pertanyaan bisa langsung comment di kolom yang sudah disediakan. Thank you for reading :)

0 komentar :

Posting Komentar