Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA

Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA. Apa kamu pernah udah capek-capek nulis di blog lalu tiba-tiba kamu menemukan postingan serupa yang sama persis di web lain? Iya konten kamu dicuri mentah-mentah. OMG. Kesel gak sih? Nah yang kaya gini gak boleh dibiarin aja. Lama-lama bisa jadi parasit. So aku putuskan untuk laporin postingan copas tersebut ke om gugel via Google DMCA.


Kenapa Harus Melaporkan Pencurian Artikel? Saat artikel kita dicuri dan dipublikasikan di web lain, lalu kemudian terindeks oleh mesin pencarian, otomatis terjadilah duplikat konten. Kemudian karna adanya duplikat konten ini, maka tulisan yang telah susah payah kamu tulis akan menjatuhkan nama baik web atau blog kamu sendiri di mata mesin pencarian. Kenapa begitu? Yah karna mesin pencarian itu paling benci sama yang namanya duplikat konten.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Cara pertama adalah meminta yang bersangkutan untuk menghapus artikel yang dia copas itu, atau memintanya mengubah isi dan menyertakan link artikel kamu. Tapi kalau kamu gagal kamu bisa langsung melaporkannya ke gugel via Google DMCA. DMCA adalah singkatan dari Digital Millennium Copyright Act. Oke langsung aja caranya adalah sebagai berikut.

Pertama-tama kamu harus mengunjungi halaman Google DMCA di sini. Lalu akan muncul halaman Report alleged copyright infringement: Web Search. Kemudian isi formnya.


Lalu kemudian kamu akan menemukan form isian selanjutnya dimana kamu bisa memberikan alasan dan keterangan mengenai pelaporan ini.


Pada form selanjutnya kamu isi dengan URL dari blog/web kamu. Oh iya kamu bisa memberikan link lebih dari satu.


Sedangkan untuk URL dari blog/web yang mencuri konten kamu, kamu taruh di form selanjutnya.


Isi lengkap form-form selanjutnya, kemudian submit.


Setelah submit, kamu akan diberikan url menuju dashboard.


Ini adalah dashboard yang bisa kamu pantau perkembangan dari report URL tadi.


Saat mengklik list di atas akan muncul keterangan dari list tersebut. Nah ini adalah URL yang aku laporkan tadi.


Yah itulah tadi Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA. Sekarang tinggal tunggu deh. Aku belum tau akan dapat update nya kapan. Nanti kalau udah bakal aku update lagi ya artikelnya. Thank you for reading :)

Share on Google Plus

About merry

Hai saya Merry Olivia, ini adalah blog pribadi saya yang berisi tentang review produk, dari mulai makanan, kosmetik dan lain-lain. Di blog ini juga ada tips-tips dan sharing pengalaman pribadi saya. Semoga artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Kalau ada pertanyaan bisa langsung comment di kolom yang sudah disediakan. Thank you for reading :)

0 komentar :

Posting Komentar